11 Tips untuk Kesehatan Pencernaan yang Lebih Baik - Tutorial Seputar Blogging Untuk Pemula Teknologi Dan Marketing

Mobile Menu

Top Ads

More News

logoblog

11 Tips untuk Kesehatan Pencernaan yang Lebih Baik

Friday, October 29, 2021

Sistem pencernaan Anda memecah makanan yang Anda makan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Jika Anda mengabaikan kesehatan pencernaan Anda, tubuh Anda bisa mengalami masalah dalam menyerap nutrisi penting tersebut.

Makanan yang Anda makan dan gaya hidup Anda memiliki dampak langsung pada kesehatan pencernaan Anda. Mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dapat membantu sistem pencernaan Anda berfungsi lebih efisien dan meningkatkan kesehatan dan rasa kesejahteraan secara keseluruhan.

Tidak yakin harus mulai dari mana? Cobalah memasukkan strategi-strategi ini ke dalam kehidupan sehari-hari Anda untuk menjaga semuanya berjalan lancar:

1. Makan diet tinggi serat. Menurut Maria Adams, MS, MPH, RDN, pemilik Halsa Nutrition dan profesor nutrisi tambahan di Endicott College di Beverly, Massachusetts, mengonsumsi makanan tinggi serat yang kaya akan biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan polong-polongan dapat meningkatkan pencernaan Anda kesehatan. "Diet tinggi serat membantu menjaga makanan bergerak melalui saluran pencernaan Anda, membuat Anda lebih kecil kemungkinannya mengalami sembelit," kata Adams, menambahkan bahwa diet tinggi serat juga dapat membantu Anda mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan, seperti diverticulosis, wasir, dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Selain itu, ini dapat membantu Anda mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Dapatkan serat yang tidak larut dan larut. Sangat penting untuk mengkonsumsi kedua jenis serat, karena mereka membantu sistem pencernaan Anda dengan cara yang berbeda. "Serat tidak larut, juga dikenal sebagai serat, tidak dapat dicerna oleh tubuh dan karenanya membantu menambah jumlah besar pada tinja," kata Adams. "Serat larut menarik dalam air dan dapat membantu mencegah tinja yang terlalu berair." Sumber serat larut yang baik termasuk dedak gandum, sayuran, dan biji-bijian; Anda bisa mendapatkan serat larut dari dedak gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

3. Batasi makanan yang tinggi lemak. "Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, membuat Anda lebih rentan mengalami sembelit," kata Adams. Tetapi karena penting untuk mendapatkan lemak sehat dalam diet Anda, Adams merekomendasikan memasangkan makanan berlemak dengan makanan berserat tinggi untuk membantu semuanya berjalan lebih lancar.

4. Pilih daging tanpa lemak. Protein adalah bagian penting dari diet sehat, tetapi potongan daging berlemak dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan. Saat Anda makan daging, pilih potongan tanpa lemak, seperti daging babi dan unggas tanpa kulit dan batasi ukuran porsi, isi lebih banyak piring Anda dengan biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang kaya serat.

5. Masukkan probiotik - dan prebiotik - ke dalam makanan Anda. Probiotik adalah sejenis bakteri dan ragi sehat yang secara alami ada di saluran pencernaan Anda. "Mereka membantu menjaga kesehatan tubuh dengan memerangi efek dari diet yang buruk, antibiotik, dan stres," kata Adams. Selain itu, probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, dapat membantu memecah laktosa, memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, dan mungkin bahkan membantu mengobati IBS. Adams merekomendasikan agar orang makan sumber probiotik yang baik, seperti yogurt rendah lemak atau kefir, setiap hari.

Selain probiotik, prebiotik juga dapat membantu pencernaan Anda. Prebiotik bertindak sebagai makanan untuk probiotik, membantu mereka mendukung bakteri sehat di usus, menurut Academy of Nutrition and Dietetics. Prebiotik ditemukan dalam berbagai buah-buahan mentah, sayuran, dan biji-bijian termasuk pisang, gandum, bawang, dan kacang-kacangan.

6. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, cobalah diet FODMAP rendah. Makanan oligosakarida yang dapat difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol (FODMAP), yang merupakan jenis karbohidrat, bisa sulit bagi sebagian orang untuk dicerna. Jika Anda tahu Anda menderita IBS - atau jika Anda hanya berurusan dengan gejala seperti kram perut, gas, kembung, dan diare - diet rendah FODMAP mungkin menawarkan sedikit bantuan. Diet ini dimaksudkan untuk diikuti dalam waktu singkat untuk mengidentifikasi makanan pemicu yang harus Anda hindari untuk pencernaan yang lebih mudah. Bekerja dengan ahli gizi ahli gizi terdaftar (RD atau RDN) yang berspesialisasi dalam bidang ini untuk memastikan diet Anda sehat sementara Anda mencari tahu makanan mana yang harus dihilangkan dari diet Anda untuk selamanya.

7. Makan sesuai jadwal. Adams mengatakan bahwa mengonsumsi makanan dan camilan sehat secara teratur dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap prima. Bertujuan untuk duduk untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan makanan ringan sekitar waktu yang sama setiap hari.

8. Tetap terhidrasi. Minum banyak air baik untuk kesehatan pencernaan Anda, menurut Adams. Serat menarik air ke usus besar untuk membuat tinja yang lebih lunak dan lebih besar, yang memungkinkan mereka untuk lewat dengan lebih mudah.

9. Abaikan kebiasaan buruk: merokok, kafein berlebihan, dan alkohol. Minuman keras, rokok, dan terlalu banyak kopi atau minuman berkafein Geothermal dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan Anda dan menyebabkan masalah seperti sakit maag dan sakit maag.

10. Berolahraga secara teratur. "Olahraga teratur membantu menjaga makanan bergerak melalui sistem pencernaan Anda, mengurangi sembelit," kata Adams. Tetap aktif juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, yang bagus untuk kesehatan pencernaan Anda. Jadikan latihan olahraga teratur menjadi jadwal mingguan Anda.

11. Kelola stres. Terlalu banyak stres atau kecemasan dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda mengalami overdrive, menurut Adams. Temukan kegiatan yang mengurangi stres yang Anda nikmati dan praktikkan secara teratur.

Terima kasih telah membaca artikel kami 11 Tips untuk Kesehatan Pencernaan yang Lebih Baik | Kesehatan Sehari-hari . Silakan bagikan dengan senang hati.

No comments:

Post a Comment